PELAYANAN GAWAT DARURAT YANG BAIK
Apa itu pelayanan gawat darurat yang baik
?????
Sebelum membahas mengenai pelayanan gawat
darurat yang baik itu seperti apa , cara dan penerapannya.
ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu
apa itu gawat darurat ?
Gawat darurat adalah Suatu keadaan yang
terjadinya mendadak mengakibatkan seseorang atau banyak orang memerlukan
penanganan / pertolongan segera dalam arti pertolongan secara cermat, tepat dan
cepat. Apabila tidak mendapatkan pertolongan semacam itu maka korban akan mati
atau cacat / kehilangan anggota tubuhnya seumur hidup.
Keadaan darurat adalah keadaan yang terjadinya mendadak,
sewaktu-waktu / kapan saja, terjadi dimana saja, dan dapat menyangkut siapa
saja sebagai akibat dari suatu kecelakaan, suatu proses medik atau perjalanan
suatu penyakit.
Keadaan darurat adalah keadaan yang terjadinya mendadak,
sewaktu-waktu / kapan saja, terjadi dimana saja, dan dapat menyangkut siapa
saja sebagai akibat dari suatu kecelakaan, suatu proses medik atau perjalanan
suatu penyakit.
Pertolongan pertama adalah perlakuan sementara yang diberikan pada seseorang
yang mengalami kecelakaan atau sakit mendadak sebelum pertolongan definitif
oleh dokter dapat diberikan / dilakukan pencegahan agar tidak terjadi cedera
yang lebih parah yang diberikan oleh orang awam bukan dimasukkan dalam tindakan
medik.
nah, selanjutnya kita bahas mengenai
pelayanan gawat darurat...
Pelayanan gawat darurat (emergency care)
adalah bagian dari pelayanan kedokteran yang dibutuhkan oleh penderita dalam
waktu segera (imediatlely) untuk menyelamatkan kehidupannya (life saving). Unit
kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan gawat darurat disebut dengan nama
Unit Gawat Darurat (emergency Unit. Tergantung dari kemampuan yang dimilki,
keberadaan UGD tersebut dapat beraneka macam.
Keadaan Gawat Darurat menyangkut baik aspek
medis maupun non medis dalam keadaan gawat dapat terjadi pada siapa
saja, kapan saja, dan di mana saja yang harus
segera mendapatkan tindakan medis dan keperawatan yang profesional.
Pelayanan gawat darurat adalah Instalasi Gawat Darurat buka 24 jam,
merupakan salah satu unit terdepan dari bagian pelayanan rumah sakit yang
memberikan pelayanan pada pasien gawat darurat/emergency dan false emergency
bekerja sama dengan unit terkait lainnya.
·
Tujuan Pelayanan Gawat Darurat
Tujuan dari pelayanan gawat darurat ini
adalah untuk memberikan pertolongan pertama bagi pasien yang dating dan
menghindari berbagai resiko, seperti: kematian , menanggulangi korban
kecelakaan, atau bencana lainnla yang langsung membutuhkan tindakan.
Pelayanan pada Unit Gawat Darurat untuk
pasien yang datangakan langsung dilakukan tindakan sesuai dengan kebutuhan dan
prioritasnya. Bagi pasien yang tergolong emergency (akut) akan
langsung dilakukan tindakan menyelamatkan jiwa pasien (life saving). Bagi
pasien yang tergolong tidak akut dan gawat akan dilakukan oengobatan sesuai
dengan kebutuhan dan kasus masalahnya yang setelah itu akan dipulangkan
kerumah.
Tercapainya pelayanan kesehatan yang optimal
pada pasien dengan cepat, tepat, ramah serta terpadu (CTRT) dalam penanganan
tingkat kegawatdaruratan sehingga mampu mencegah resiko kecacatan dan kematian
(to save life and limb).
·
Kegiatan
Kegiatan yang menjadi tanggung jawab UGD
banyak macamnya, secara umum dapat dibedakan atas tiga macam (Flynn, 1962) :
1.
Menyelenggarakan pelayanan gawat darurat.
Kegiatan
pertama yang menjadi tanggung jawab UGD adalah menyelenggarakan pelayanan gawat
darurat. Sayangnya jenis pelayanan kedokteran yang bersifat khas ini sering
disalah gunakan. Pelayanan gawat darurat sebenarnya bertujuan untuk
menyelamatkan kehidupan penderita (life savng), sering dimanfatkan hanya
untuk memperoleh pelayanan pertolongan pertama (first aid) dan
bahkan pelayanan rawat jalan (ambulatory care). Pengertian gawat darurat
yang dianut oleh anggota masyarakat memang berbeda dengan petugas kesehatan.
Oleh anggota masyarakat, setiap gangguan kesehatan yang dialaminya, dapat saja
diartikan sebagai keadaan darurat (emergency) dan karena itu
mendatangi UGD untuk meminta pertolongan. Tidak mengherankan jika jumlah
penderita rawat jalan yang mengunjungi UGD dari tahun ke tahun tampak semakin
meningkat.
2.
Menyelenggarakan pelayanan penyaringan untuk
kasus-kasus yang membutuhkan pelayanan rawat inap intensif.
Kegiatan kedua yang menjadi tangung jawab UGD
adalah menyelenggarakan pelayanan penyaringan untuk kasus-kasus yang
membutuhkan pelayanan intensif. Pada dasarnya kegiatan ini merupakan lanjutan
dari pelayanan gawat darurat, yakni dengan merujuk kasus-kasus gawat darurat
yang dinilai berat untuk memperoleh pelayanan rawa inap yang intensif. Seperti
misalnya Unit Perawatan Intensif (intensive care unit), untuk
kasus-kasus penyakit umum, serta Unit Perawatan Jantung Intensif (intensive
cardiac care unit) untuk kasus-kasus penyakit jantung, dan unit
perawatan intensif lainnya.
3.
Menyelenggarakan pelayanan informasi medis
darurat.
Kegiatan ketiga yang menjadi tanggung jawab
UGD adalah menyelenggarakan informasi medis darurat dalam bentuk menampung
serta menjawab semua pertanyaan anggota masyarakat yang ada hubungannya dengan
keadaan medis darurat (emergency medical questions). Sayangnya,
kegiatan ketiga ini belum banyak diselenggarakan.
·
Yang Dapat dilayani Secara Umum Oleh Rumah
Sakit
1. Mampu menangani
pasien gawat darurat, tidak darurat, darurat tidak gawat, dan pasien tidak
gawat, tidak darurat oleh karena penyakit tertentu
2. Semua kecelakaan
(accident) yang menimbulkan cedera fisik, mental, social
3. Dengan kecepatan
yang rata-rata selalu dibutuhkan sangat singkat sehingga harus mampu melakukan
pelayanan terhadap :
a. Gangguan
pernafasan
b. Susunan saraf
pusat
c. Sistem
kardiovaskuler
d. Trauma
e. Berbagai
luka
f. Patah
tulang
g. Infeksi
h. Gangguan metabolism
i. Keracunan
j. Kerusakan
organ
k. dll.
4. Mampu
menangani kejadian sehari-hari, korban musibah masal, dan bencana
·
Prinsip Keperwatan Gawat Darurat
Prinsip pada penanganan penderita gawat
darurat harus cepat dan tepat serta harus dilakukan segera oleh setiap orang
yang pertama menemukan atau mengetahui ( orang awam, perawat, paramedic, dokter
)
Komentar
Posting Komentar